Mohon telepon saya kembali Gunakan form kontak kami

Proses kering

Proses kering secara khusus menginjeksi bahan penyerap kering ke dalam gas buang sebelum pemisah partikulat dengan pengecualian packed bed absorber (PBA). Biasanya, pemisah partikulat berupa kantong penyaring atau presipitator elektrostatis. 
Proses kering dirancang untuk membersihkan komponen gas asam (terutama HF, HCl, SO2, SO3) dengan menetralisasinya dengan bahan penyerap alkali. Semua proses kering dapat menggunakan kalsium hidroksida Ca(OH)2 dan tidak memiliki limbah cair residu untuk diolah, kebalikan dari sistem basah. 

Selengkapnya

Lhoist menawarkan bahan penyerap Sorbacal® dan Minsorb® yang lengkap untuk berbagai jenis proses kering. Manfaatnya meliputi:

  • pembersihan gas secara efisien 
  • konsumsi bahan penyerap yang lebih sedikit 
  • menghasilkan residu yang lebih sedikit 

Proses kering juga cocok untuk pembersihan polutan mikro melalui injeksi campuran Sorbacal® dengan karbon aktif bubuk (PAC), lignit kokas atau Minsorb®. Jenis utama polutan mikro yang akan dibersihkan merkuri (Hg), komponen organik seperti dioksin/furans (PCDD/PCDF), bifenil terpoliklorinasi (PCBs), hidrokarbon aromatik polisiklik (PAHs) dan odors. 

Bahan penyerap dapat diinjeksi terpisah dari kalsium hidroksida atau dalam bentuk campuran spesifik untuk membersihkan komponen gas asam dan polutan mikro secara serentak. Logam yang mudah menguap seperti selenium dan arsenik disaring oleh reaksi kimia dengan bahan penyerap kalsium hidroksida dan tidak memerlukan bahan penyerap tambahan. Proses kering yang dipadukan dengan bahan penyerap kualitas tinggi, tailor-made, menghasilkan kinerja terbaik dan meminimalkan produksi residu dan biaya pembuangan. Berdasarkan pengalaman proses ekstensif mereka, para ahli kami dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan proses kering Anda. 

Injeksi bahan penyerap kering (DSI)

DSI relatif sederhana dan merupakan proses pengolahan gas buang yang serbaguna. Ini berdasarkan pada injeksi kering satu atau lebih bahan penyerap ke dalam gas buang sebelum unit penyaringan, biasanya kantong penyaring, atau presipitator elektrostatis. Bahan penyerap bereaksi dengan polutan dalam sekali proses. DSI menghasilkan pembersihan serentak komponen gas asam dengan kalsium hidroksida Ca(OH), sebagai contoh, dan polutan mikro (contoh dengan PAC). 
Reaksi antara polutan tahapan gas dan bahan penyerap muncul dalam reaktor atau saluran gas buang dan berlanjut dalam penyaring, terutama dengan kantong penyaring. Produk reaksi dan abu terbang dari proses disaring oleh peralatan penyaring downstream. 

Solusi Lhoist

Kinerja DSI dipengaruhi oleh parameter yang berhubungan dengan proses: 

  • Kelembapan dan temperatur gas buang
  • konsentrasi polutan
  • dispersi bahan penyerap
  • waktu tinggal
  • kualitas kalsium hidroksida, termasuk Ca(OH)2 tersedia, area permukaan khusus dan volume berpori.
  • unit penyaringan

DSI dengan produk Sorbacal® telah terbukti mampu mencapai efisiensi pembersihan sangat tinggi (hingga > 95% untuk SO2 dan > 99% untuk SO3, HF dan HCl). 

Manfaat Anda

  • Pendekatan multi polutan
  • Biaya modal rendah
  • Footprint rendah
  • Waktu yang terbatas dari tahap perancangan ke operasi
  • Produksi hilang yang terbatas selama instalasi
  • Tidak ada konsumsi atau pelepasan air
  • Tidak berdampak pada temperatur gas buang 
  • Konsumsi listrik yang sangat terbatas
  • Teknologi pemasangan fleksibel 

Proses DSI mudah disesuaikan untuk mencapai batas emisi yang lebih ketat atau target pembersihan polutan tambahan dengan menentukan bahan penyerap terbaik yang digunakan dan mengoptimalkan sistem DSI.

Circulating dry scrubber (CDS)

Teknologi CDS pertama kali dikembangkan untuk pembersihan SO2 di pembangkit listrik tenaga batu bara. Sekarang, ini digunakan dalam pengolahan gas buang untuk tungku industri dan bejana yang menggunakan bahan bakar biomassa, limbah kota atau industri. Proses CDS mampu membersihkan baik komponen gas asam maupun polutan mikro. Ini berdasarkan resirkulasi residu penyaring yang terdiri dari produk reaksi bahan penyerap dan abu terbang dari penyaring. Unit CDS beroperasi khusus dengan bahan penyerap berbasis kalsium.

Proses CDS terdiri dari sebuah reaktor dan penyaring partikulat. Bagian besar padatan penyaring didaur ulang ke dalam reaktor, di mana bahan penyerap baru ditambahkan. Dalam kebanyakan kasus, air diinjeksi ke dalam reaktor atau ke padatan untuk pengendalian temperatur dan untuk meningkatkan kinerja pembersihan. Beberapa instalasi menggunakan kalsium oksida (CaO) yang terhidrasi terlebih dahulu untuk memasuki proses CDS. 

Solusi Lhoist

CDS pada mulanya hanya menggunakan kalsium hidroksida standar, pengalaman terkini menunjukkan sinergi sempurna antara Sorbacal® yang spesifik dan proses resirkulasi untuk meningkatkan efisiensi pembersihan gas asam. Jika diperlukan, polutan mikro juga dapat dibersihkan, dengan menambahkan PAC, lignit kokas atau Minsorb®.

Manfaat Anda

Resirkulasi residu mengurangi konsumsi bahan penyerap. Ini juga memungkinkan sistem untuk mencapai tingkat pembersihan gas asam tinggi: lebih dari 99% untuk SO2, SO3, HF dan HCl.

Karena Intensif modal yang lebih sedikit daripada proses basah dan dengan pendekatan multi polutan, teknologi CDS menjadi lebih populer. Lhoist dan para perancang peralatan dan pemasok mengembangkan teknologi ini lebih lanjut untuk meningkatkan kinerja pengolahan gas buang dan mengurangi konsumsi bahan penyerap.

Packed bed absorber (PBA)

Teknologi ini terutama digunakan di industri bata keramik dan ubin untuk pengolahan gas buang downstream tanur terowongan, biasanya untuk menyaring HF, SO3 and HCl dari laju aliran gas buang terbatas.
Pada proses PBA, gas buang melewati ruang reaksi yang berisi bahan penyerap butiran. Reagen ditarik gravitasi melalui ruang reaksi dan dibersihkan di bawah PBA. Kinerja pembersihan PBA konvensional menggunakan batu kapur alami cukup tinggi untuk SO3 dan HF (> 95-98%), tetapi terbatas untuk HCl (20-30%) dan SO2 (10-20%).

Solusi Lhoist

Sorbacal® C, bahan penyerap batu kapur alami CaCO3 dalam bentuk "potongan kecil", secara khusus digunakan untuk PBA. Untuk kinerja pembersihan yang lebih baik kami merekomendasikan Sorbacal® G: partikel butiran bulat yang terdiri dari of CaCO3 dan Ca(OH)2. Kandungan residu Ca(OH)2 yang dikombinasikan dengan porositas yang lebih tinggi dan area permukaan butiran menghasilkan tingkat pembersihan HCl (> 70%) dan SO2  yang lebih baik secara signifikan (30-35%). Dengan PBA multi tahapan, tingkat yang lebih tinggi bahkan dapat dicapai untuk HCl dan SO2 (>80%).

Manfaat Anda

PBA secara khusus sesuai untuk proses industri dengan rilis maksimum polutan asam. Sorbacal® G meningkatkan kinerja pembersihan HCl and SO2 secara signifikan. Ini menjadikannya sebuah alternatif menarik untuk proses PBA untuk aplikasi baru, seperti desulfurisasi mesin diesel kapal mendatang.

Jajaran produk kami

Injeksi bahan penyerap tungku (FSI)

Dalam proses ini kalsium hidroksida kering (Ca(OH)2)  diinjeksi langsung ke dalam tungku pada 850-1,050°C, yaitu sebelum instalasi FGT tambahan apa pun.

Bahan penyerap secara langsung terurai menjadi berpori dan sangat reaktif bentuk kapur bakar yang akan menetralisasi SO2 secara selektif. Dalam kondisi ini, penyeringan gas buang sangat efisien karena reaksi kompetitif dengan CO2 tidak dapat muncul pada temperatur tinggi seperti itu. Penyaringan gas asam halogen menjadi lebih terbatas. Bagaimanapun juga, bahan penyerap yang diinjeksi akan terus bereaksi dalam proses downstream untuk membersihkan polutan ini.

Solusi Lhoist

Sorbacal® SPS telah terbukti menjadi bahan penyerap yang paling efisien untuk aplikasi yang menuntut ini.

Manfaat Anda

Digabungkan dengan instalasi FGT downstream, FSI adalah solusi yang sangat efisien dan fleksibel untuk pra pengolahan gas bermuatan SO2 berat atau pengolahan SO2 peaks.

(Circulating) fluidized bed boiler (CFB/FBB)

Pada circulating fluidized bed (CFB) fluidized bed boiler (FBB), partikel bahan bakar tersuspensi dalam materi padat bed atau fluidized panas (800-900°C): bahan bakar, pasir, abu, dll. Udara ditiup melalui bed ini untuk menjadikannya tetap fluidized dan untuk menyediakan oksigen yang dibutuhkan untuk pembakaran. Saat batu kapur CaCO3 ditambahkan ke hot bed, ini terurai, menghasilkan pembersihan SO2 secara selektif, sama dengan proses FSI.

Solusi Lhoist

Lhoist telah mengembangkan serangkaian produk batu kapur Sorbacal® C dengan distribusi ukuran butiran yang disesuaikan dengan kondisi aliran spesifik dari teknologi pembakaran CFB/FBB yang berbeda. Mencampurkannya dengan bahan bakar memastikan waktu tinggal yang lebih lama untuk partikel batu kapur dalam fluidized bed, meningkatkan kinerja pembersihan SO2 in situ. 

Manfaat Anda

Pembersihan di lokasi dari SO2 merupakan solusi mudah dan efektif untuk pengendalian SO2 dalam pabrik yang mengoperasikan teknologi CFB/FBB. Digabungkan dengan instalasi FGT downstream, ini memungkinkan pra pengolahan gas bermuatan SO2 berat. 

Jajaran produk kami

Polutan YANG DAPAT DITANGKAP

Temukan solusi optimal untuk proses dan fasilitas Anda dengan menghubungi para ahli kami.